Friday 25 November 2011

Membuka Gerai Souvenir Pernikahan


Pernikahan adalah momen yang sangat special. Tentunya ketika melangsungkan pesta pernikahan diharapkan menimbulkan kesan yang baik dan bisa selalu diingat bagi mempelai dan juga bagi para tamu undangan. Agar lebih berkesan biasanya tamu undangan diberi kenang-kenangan berupa souvenir yang unik. Souvenir-souvenir tersebut bisa berupa gantungan kunci, kipas, dompet kecil, kaca kecil, aksesoris dan lain sebagainya.
Peluang usaha dibidang ini masih terbuka walaupun sudah banyak yang menjalankannya. Keunikan dan tingkat kerapian menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Disamping itu harga yang kompetitif juga sangat berpengaruh terhadap minat konsumen.
Konsumen 
Target pasar dari bisnis souvenir pernikahan ini adalah masyarakat yang akan mengadakan pesta pernikahan. Karena souvenir pernikahan biasanya menjadi salah satu menu wajib yang dicari para undangan. Selain konsumen individu, bisnis souvenir pernikahan juga biasa melayani permintaan grosir bagi para agen yang menjual kembali souvenir tersebut, atau bisa juga bekerjasama dengan pihak weding organizer untuk menawarkan souvenir Anda kepada klien pihak weding organizer.
Produk
Produk souvenir pernikahan memiliki banyak pilihan bentuk, bahan dan harga. Dari souvenir yang  dibuat dengan bahan baku kayu, keramik, gerabah, kain, hingga kertas dapat ditawarkan dalam berbagai bentuk souvenir yang menarik. Misalnya saja souvenir berupa gantungan kunci, mug atau gelas yang unik, berbagai bentuk kerajinan gerabah, kipas dari kain maupun kertas, serta masih banyak lagi produk souvenir lainnya.
Harga produk souvenir yang ditawarkan pun juga beragam, sesuai dengan keunikan dan kualitas produknya. Saat ini harga souvenir yang ditawarkan di pasaran berkisar antara Rp 500,00 hingga harga puluhan ribu rupiah untuk per buahnya. Jadi para konsumen dapat memilih souvenir pernikahan mereka sesuai dengan anggaran dana pernikahan yang telah direncanakan.
Untuk pengemasan produk souvenir dapat menggunakan plastik yang diberi hiasan pita. Ada juga yang menggunakan box plastik mika atau goody bag untuk mempercantik penampilan souvenir pernikahan, namun biasanya harga yang ditawarkan pun jadi lebih mahal dibandingkan yang menggunakan kemasan plastik.
Pemasaran
Strategi pemasaran yang digunakan dapat melalui online maupun offline. Saat ini sudah banyak pengusaha souvenir pernikahan yang menggukan jasa internet untuk memasarkan produknya. Alasan para pengusaha memasarkan produknya melalui internet, karena untuk menjangkau pasar yang lebih luas hingga ke berbagai daerah.
Sedangkan untuk pemasaran offline dapat dilakukan melalui pemasaran dari mulut ke mulut, atau menggunakan iklan media cetak maupun brosur untuk membantu mempromosikan produk Anda. Uuntuk mengenalkan produk Anda, promosi juga dapat dilakukan dengan mengikuti pameran yang sering diadakan di tiap daerah. Pemasaran dapat juga dengan menitipkan produk Anda ke toko – toko ataupun grosir souvenir pernikahan yang sudah banyak dijumpai saat ini.
Hambatan
Hampir semua usaha memiliki hambatan usaha, untuk bisnis souvenir pernikanan hambatan yang muncul antara lain adanya pembatalan pemesanan oleh konsumen padalal barang sudah mulai diproduksi. Sehingga untuk perjanjian awal, sebaiknya wajibkan konsumen Anda untuk membayar uang DP dulu sebagai tanda jadi. Hambatan yang kedua yaitu banyaknya peniruan kreatifitas souvenir yang Anda buat.
Kunci Sukses
Yang paling penting dalam menjalankan usaha ini seharusnya Anda mempunyai ketrampilan dalam membuat aneka macam souvenirAmbilah kursus pembuatan souvenir atau jika ada program pelatihan dari pemerintah yang gratis, maka manfaatkanlah dengan mengikutinya. Jika Anda belum terlalu terampil maka Anda bisa mempekerjakan karyawan yang sudah terampil dan rapi hasil buatannya.
Analisa Usaha 

Modal Awal
Peralatan
Gunting dan penggaris ( berbagai variasi ) Rp 100.000,00
Cutter ( 5 buah )                          Rp  20.000,00
Lem tembak dan isinya                      Rp  50.000,00+
Total                                      Rp 170.000,00
( Biaya penyusutan peralatan selama 4 tahun dengan nilai residu sebesar Rp 1.000,00 = ( Rp 170.000,00 – Rp 1.000,00 ): 4 = Rp 42.250,00/ tahun = Rp 3.520 / bulan )

Biaya Operasional:
Bahan baku
Kerajinan gerabah, pita, tinta, dll        Rp 1.500.000,00
Plastik kemasan                            Rp   150.000,00
Promosi                                    Rp   100.000,00
Kartu nama                                 Rp    50.000,00
Lain-lain                                  Rp   100.000,00+
Jumlah                                     Rp 1.900.000,00

Omzet per Bulan ( rata – rata menerima 2x pesanan / bulan )
(30 kodi x Rp 60.000,00 /kodi x 2)     =   Rp 3.600.000,00

Laba per Bulan:
Rp 3.600.000,00 - Rp   1.900.000,00    =   Rp 1.700.000,00

Source  :  bisnisukm.com
Proposal Usaha Terkait  :
Proposal Usaha Studio Foto
Proposal Usaha Alat Tulis Kantor
Proposal Usaha Pengolahan Limbah Kreatif

1 comment:

  1. ASSALAMU ALAIKUM WR-WB KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH ATAS BANTUAN AKI,JATI LUHUR KARNA NOMOR GHOIB/RITUAL JITU YANG AKI,BERIKAN 4D (8301) BENAR BENAR TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 380 JUTA ALHAMDULILLAH, SAYA BISA MEMBELI RUMAH DAN MOBIL WALAUPUN SAYA CUMA PNS GOLONGAN 1B.INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI, JATI LUHUR KARENA APAPUN KEADAAN ANDA JANGAN PERNAH BERPUTUS ASAH KALAU SUDAH WAKTUNYA TUHAN PASTI KASIH JALAN AMIN.

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL ATAU PUNYA MUSTIKA GHAIB INGIN DIPAKAI MENARIK UANG BILAH BERMINAT HUB KI JATI LUHUR DI NMR (_+_6_2_8_5_2_2_9_4_8_7_8_5_5_) ATAU KUNJUNGI WEPSITE (KLIK) www.uangghaib.webs.com SAYA SUDAH
    BUKTIKAN 3X THNKS ROOMX SOBAT
    ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★
    ╔══╗═════╔╗═════
    ╚╗╔╬═╦═╦═╣╠╦╦╦╦╗
    ═║║║╩╣║║╬║═╣║║║║
    ═╚╝╚═╩╩╬╗╠╩╬╗╠═╝
    ═══════╚═╝═╚═╝══
    ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★

    ReplyDelete