Thursday 15 December 2011

Parfum Isi Ulang Bisnis Menggiurkan


Parfum??? Hmm siapa yang tak membutukkan parfum, hampir semua kalangan membutuhkan parfum sebagai penunjang aktivitas. Dengan parfum orang bisa lebih pede bila ketemu orang lain, atau bahkan bisa menarik perhatian orang lain karena keharuman yang khas dari parfum yang kita pakai.
Daya tarik parfum membuat orang-orang rela merogoh ratusan ribu rupiah untuk mendapatkan parfum-parfum bermerek dengan keharumannya yang memikat. Tapi tak semua orang mampu membeli parfum-parfum original yang harganya ratusan ribu rupiah. Maka sebagian besar masyarakat banyak yang memilih membeli parfum di tempat-tempat isi ulang parfum yang kini tersebar di berbagi penjuru kota termasuk pusat-pusat perbelanjaan. Meski secara kualitas tidak sama dengan parfum original tapi tastenya mendekati parfum original bahkan mungkin saja menyamai.
Konsumen
Konsumen target Anda adalah semua orang dari semua kalangan. Karena semua orang selalu menginginkan tampil rapi dan wangi. Sehingga kebutuhan masyarakat akan parfum semakin hari semakin meningkat. Namun daya beli konsumen paling tinggi adalah dari kalangan anak muda.
Info bisnis
Harumnya bisnis  parfum isi ulang ini pernah booming pada tahun 80-an. Walaupun bisnis ini tidak lagi seramai era tersebut, namun itu justru harus menjadi pemicu Anda untuk melirikpeluang bisnis ini. Apalagi parfum merek luar negeri harganya sangat mahal, sedangkan kebutuhan orang terhadap parfum semakin meningkat.
Untuk memulai usaha ini, apa yang perlu Anda siapkan? Pertama kali adalah tempat beserta renovasinya untuk memajang bahan kimia dan perfumnya. Tempat usaha yang dibutuhkan cukup 3 x 4 meter. Dan di display dengan berbagai bahan kimia, botol parfum, dan lain – lain.
Kemudian Anda harus mencari bahan bakunya dengan mendatangi toko atau agen bahan kimia. Dibutuhkan kemampuan dalam indera penciuman untuk meracik berbagai bahan kimia agar menghasilkan wangi parfum yang diharapkan konsumen.
Kelebihan bisnis
Saat ini pemakai parfum racikan semakin meningkat, sehingga peluang pasar bisnis ini semakin luas pula. Dengan menawarkan variasi wangi parfum yang hampir sama dengan parfum merek luar negeri, membuat minat masyarakat semakin bagus.
Kekurangan bisnis
Adapun kendala dalam usaha ini adalah persaingan yang bisa jadi sangat menentukan keuntungan yang Anda peroleh nantinya. Bahan baku parfum juga terbilang cukup mahal, sehingga pelaku usaha kesulitan untuk menentukan harga jual parfum yang murah.
Pemasaran
Untuk membantu pemasaran, Anda dapat membagikan brosur kecil – kecil yang dititipkan di warung – warung, kost – kost, atau dikantin kampus yang ada di sekitar lokasi usaha Anda. Bila perlu Anda dapat membuat sampel kecil – kecil dan dibagikan secara cuma – cuma. Untuk mengenalkan produk parfum Anda kepada para konsumen. Disamping itu Anda juga dapat menitipkan parfum – parfum ke toko di daerah sekitar Anda. Agar penjualan parfum Anda meningat.
Kunci sukses
Sedangkan kesuksesan dalam menekuni bisnis ini adalah penyediaan minyak wangi yang sebisa mungkin mirip dengan wangi dari parfum merek-merek terkenal dan mahal. Selain itu pelayanan yang ramah dan bersahabat juga ikut menentukan keberhasilan usaha Anda, lebih-lebih jika persaingan bisnis Anda tidak terlalu jauh dari tempat Anda.

Analisa Ekonomi

Modal Awal
Tempat dan display ruangan                      Rp  15.000.000
Bahan baku dan lain-lain                       Rp   5.000.000+
Total                                          Rp  20.000.000

Biaya Operasional
Gaji 2 pegawai                                  Rp   1.600.000
Transportasi, listrik, telepon, dll             Rp     400.000
Bahan baku                                     Rp   5.000.000+
Total                                           Rp   7.000.000

Omzet per bulan                                 Rp   9.000.000

Laba per bulan                                  Rp   2.000.000

Masa Kembali Modal 
(modal awal : laba perbulan)   =       10 bulan
Berikut akan saya jelaskan beberapa tips tentang pemilihan toko parfum isi ulang:
  • Langkah pertama dalam penilaian toko, anda dapat menilai sebuah toko parfum isi ulang dari kondisi tokonya. Toko yang bersih dan rapih akan lebih meyakinkan bahwa toko tersebut adalah toko parfum yang lebih fokus pada produk-produk yang mereka jual. Karena parfum tergolong dalam kebutuhan tertier atau ketiga maka kriteria toko parfum isi ulang yang baik adalah toko yang dapat mewakili segmen untuk golongan ketiga tersebut.
  • Coba anda tanyakan kepada si penjual atau karyawan toko tersebut, campuran apa saja yang digunakan untuk produk parfum isi ulang yang mereka jual. Standarnya yang digunakan adalah Alcohol 96% lalu dicampur dengan Bibit (fragarance). Tetapi ada beberapa toko parfum isi ulang yang besar yang menggunakan standar campuran Alkohol Denat 96%+Fixative dan Stabilizer lalu dicampurkan dengan Bibit. Standar yang satu ini jauh lebih bagus kualitasnya dengan standar yang pertama karena campuran-campuran tersebut meliputi Alkohol yang terbuat secara Alami. (Denat) lalu ditambahkan dengan penguat (Fixative) agar parfum lebih tahan lama nantinya lalu ditambahkan dengan Penyeimbang (Stabilizer) untuk mempercepat dan menyeimbangkan proses pencampuran bibit dengan alkohol nantinya.
  • Anda juga berhak menanyakan kepada si penjual atau karyawan toko tersebut apakah campuran parfum-nya menggunakan methanol atau Solvent/Solviol. Kedua cairan kimia ini sangat tidak disarankan untuk digunakan pada campuran Parfum Isi Ulang karena kedua cairan tersebut dapat menimbulkan iritasi pada kulit (jika digunakan secara langsung). Terlebih Solviol, jika terkena dikulit secara langsung bisa menimbulkan bercak merah dan juga gatal-gatal (bagi yang kulitnya sensitif). Parfum Isi Ulang yang menggunakan campuran Solviol dan Methanol lebih berpeluang besar meninggalkan bercak atau noda pada pakaian dan wangi dari parfumnya hanya sebentar atau tidak tahan lama. Pedagang parfum isi ulang yang menggunakan kedua cairan ini beralasan karena harga methanol jauh lebih murah dibandingkan dengan alkohol dan solvent / solviol dapat melipatgandakan margin harga jual mereka.
  • Carilah pelayanan toko parfum isi ulang yang menyediakan konsultasi dan garansi. Jika kedua hal tersebut ada jadi kita dapat konsultasi sebelum membeli dan jika kita merasa kurang terhadap kualitas parfumnya kita dapat komplain atau konsultasi kembali setelah membelinya.
  • Biasakan untuk menyimpan parfum isi ulang yang baru kita beli didalam Freezer (ruang pembeku pada kulkas). Standarnya antara 8 – 12 jam. hal ini dilakukan agar proses pencampuran antara bibit & alkohol semakin cepat dan akan berpengaruh juga kepada ketahanan parfum tersebut pada saat kita gunakan atau bahasa trend nya parfum akan lebih long-lasting.

Source  :  bisnisukm.com
Proposal Usaha Terkait  ;
Proposal Usaha Tanaman Hias
Proposal Usaha Interior Rumah
Proposal Usaha Sewa Tempat Olahraga

1 comment:

  1. Terima kasih gan atas ilmunya semoga ilmunya bermanfaat..
    dan Rizkinya lancar ,amiin....

    ReplyDelete