Wednesday 4 April 2012

Usaha Gula Kelapa


Gula kelapa dibuat dari bahan nira kelapa (legen). 
Cara pembuatan gula kelapa cukup sederhana yaitu 
1. Pertama nira kelapa atau legen disaring agar bersih kemudian dididihkan menggunakan jadi/kenceng atau alat lain yang permukaannya lebar. 
2. Selama proses tanak gula kelapa harus sering diaduk agar tidak hangus. 
3. Setelah menjadi pekat gula diturunkan sambil terus diaduk. Adonan yang siap dicetak dituangkan ke dalam cetakan yang terbuat dari tempurung berupa lingkaran yang terbuat dari iratan bambu, bambu yang dipotong-potong, paralon, atau kotak-kotak yang terbuat dari kayu. 
4. Setelah gula dingin dan mengeras dikeluarkan dari cetakan. 
5. Pengemasan dilakukan dengan cara membungkus gula dengan krakas/daun pisang kering, atau daun waru kering untuk gula yang dicetak memakai tempurung. Klaras dan daun kelapa atau gedebok pisang yang dikeringkan untuk gula yang dicetak berbentuk lingkaran datar. Pengemasan juga bisa menggunakan plastik terutama untuk gula yang berbentuk balok. Gula yang sudah dikemas kemudian disimpan di tempat yang kering dan siap untuk dipasarkan.
Dalam pemasarannya, gula kelapa melalui dua saluran distribusi, yaitu 
1. Pemasaran langsung kepada konsumen. Pemasaran langsung kepada konsumen sebagai bahan pemanis bagi ibu rumah tangga maupun sebagai bahan pelengkap dalam industri makanan atau minuman, antara lain  gula kacang (ampyang), enting-enting, kue satu, nopia, wajik, kecap, dan lain sebagainya. 
2. Pemasaran kepada  pedagang pengumpul kecil maupun besar. Pedagang pengumpul yang banyak berperan dalam pemasaran produk dari produsen, memasarkan kepada konsumen, pedagang pengecer maupun pedagang menengah/besar.

Peluang Usaha Terkait  :

4 comments:

  1. wuaaah menarik nih!
    bisa kasih info/no.kontak pengumpu gak?
    saya ada permintaan dari pabrik kecap 15 ton/minggu

    terimakasih
    (dim)
    0856 9779 7301

    ReplyDelete
    Replies
    1. pak dim...bisa diinfokan spesifikasinya ...dan saat ini masih butuh apa tidak ya?
      1. lokasi :
      2. sistem pembayaran :
      3. kontrak :
      4. Bentuk gula :
      5. HArga perkiraan :

      info lengkap hub ami .08129312695

      Delete
  2. Wah postnya bermanfaat bangeet,, jika ada yang butuh gula merah Silakan hubungi saya di +6282225204909 atau email awanhari52@yahoo.co.id

    awanscorp.wordpress.com

    ReplyDelete